Kresna

Kresna

Kresna ialah salah satu tokoh dalam cerita Mahabarata. Di waktu muda namanya Narayana. Di pedalangan Kresna terkenal akan kepiawaiannya dalam berdiplomasi. Kresna terpilih sebagai salah satu dari sepuluh titisan Dewa Wisnu. Raja di kerajaan Dwarawati ini merupakan keturunan dari wangsa Yadhu putra Basudewa raja Mandura dari salah istrinya yaitu Dewaki. Ia putra ke dua bersaudara sekandung dengan kakaknya Raden Kakrasana atau Prabu Baladewa namanya setelah menduduki tahta kerajaan Mandura dan adik perempuannya Dewi Wara Sembadra. Kresna menduduki tahta kerajaan Dwarawati setelah mengalahkan Prabu Yudakalakresna raja Dwarawati.

karya lama

Di dalam kisah Bharatayuda Kresna menjadi duta Pandawa ke Kurawa dalam lakon pedalangan Kresna Duta sedangkan ketika Arjuna mengalami keragu-raguan ketika akan berangkat ke medan perang melawan saudaranya sendiri yaitu Adipari Karna, Kresna memberi wejangan yang terkenal yaitu “Hasta Brata” untuk membangkitkan lagi semangat bertempur Arjuna.

Prabu Kresna sebagai titisan Bethara Wisnu Dewa lambang Kebahagiaan dan keadilan maka tidak mengherankan jika di masa hidupnya ia penuh dengan kebijaksanaan, pintar, sakti, dan ketika murka dapat bertiwikrama/berubah menjadi raseksa sebesar bukit.

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

One Response to Kresna

  1. Love mengatakan:

    Happy Weekend🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: