JAYADRATA

Padamara88's Blog

Jayadrata adalah salah satu tokoh pinunjul nan sakti yang berada di pihak Kurawa. Keberpihakannya di Kurawa tak lepas dari usaha Sengkuni dalam rekruitment calon perwira untuk menghadapi Pandhawa kelak di perang Bharatayuda.

Jayadrata ialah anak seorang pertapa tua yang bernama Begawan Samphani. Misteri melingkupi tentang silsilah Jayadrata. Konon ia berasal dari ari-ari Werkudara yang saat dilarung di sungai secara tidak sengaja ditemukan oleh Begawan Samphani. Oleh   Begawan Samphani kemudian dipuja menjadi seorang pemuda yang gagah perkasa.

Karena mempunyai kedigdayaan yang pilih tandhing, di Hastina Jayadrata mendapat tempat yang istimewa. Bahkan oleh Prabu Drestarastra ia diambil menantu dinikahkan dengan Dewi Dursilawati satu-satunya saudara perempuan Duryudana. Hal itu menyebakan ia terikat kuat di pihak kiri. Jayadrata nama lainnya adalah Aria Tirtanata.

Dalam perang Bharatayuda,  Jayadrata mempunyai peran yang penting. Saat terjadi campuh di Kurukasetra, dengan formasi pasukan Cakrabyuha berhasil mengurung Abimanyu dan menahan para Ksatria Pandhawa menembus kepungannya untuk menolong putra Harjuna…

Lihat pos aslinya 105 kata lagi

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: