MusimTelah Berganti

Setelah kurang lebih empat bulan bumi kerontang, pohon-pohon meranggas karena diterpa kekeringan, kemaren di daerah kami mendapatkan curahan air hujan. Rerumputan di tanah lapang tampak bersemi, pucuk-pucuk daun menyembul dari tajuknya. Selokan yang menghitam berganti warna cerah dan mengalir lancar, genting yang berdebu tersapu sudah. Puji Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, telah karuniakan Alam yang indah di bumi persada ini.  

Indonesia secara astronomis terletak di antara 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan, dan 95 derajat Bujur Timur hingga 141derajat BujurTimur. Oleh karena letaknya digaris lintang tersebut Indonesia beriklim tropis. Karakteristik wilayah yang beriklim tropis adalah memiliki curah hujan yang tinggi, menerima penyinaran matahari sepanjang tahun sehingga banyak terjadi penguapan, bedampak pada kelembaban udara yang cukup tinggi.

Letak geografis Indonesia pada pertemuan dua samudra besar (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia) dan diapit daratan luas (Benua Asia dan Australia) juga mempengaruhi kondisi alamnya yaitu, Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan. Memiliki iklim musim, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah (angin muson Barat dan muson Timur). Angin muson Barat karena berembus melewati daratan luas Benua Asia bersifat kering, hal ini menyebabkan musim kemarau. Angin muson Timur berembus melewati lautan luas sehingga menyebabkan musim hujan di Indonesia. Musim kemarau terjadi pada bulan April sampai Oktober sedangkan musim hujan biasanya pada bulan November hingga Maret. Namun adanya global warming dewasa ini, menyebabkan kapan terjadi pergantian musim, sulit diprediksi.

Diantara pergantian musim atau disebut musim pancaroba, diwarnai dengan adanya Angin kencang, puting beliung, hujan terjadi secara tiba-tiba serta dalam waktu yang singkat, udara terasa panas dan arah angin tidak teratur merupakan ciri datangnya musim pancaroba.

Di musim pancaroba ini biasanya berbagai jenis penyakit dapat menyerang manusia. Meskipun sistem imunitas tubuh manusia memiliki mekanisme untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan, namun perubahan ekstrim tak pelak menekan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, berbagai infeksi mudah menyerang, sebagai contoh Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA). ISPA bersifat akut, artinya bisa disembuhkan kurang dari 14 hari. Untuk itu sebaiknya membentengi tubuh dengan mengkonsumsi Vitamin agar terhindar dari penyakit yang merebak di musim pancaroba.

Tulisan singkat ini disarikan dari berbagai sumber semoga ada manfaat dan semoga di pergantian musim ini, sobat blogger dan netter semua tetap dapat beraktifitas seperti biasa dan terhindar dari marabahaya. Salam

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

8 Responses to MusimTelah Berganti

  1. Ely Meyer mengatakan:

    mungkin berolahraga salah satu cara buat membentengi tubuh ya kang, kalau aku dan suamiku tiap hari bersepeda apapaun cuacanya, asal nggak sdg hujan yg lgi deras derasnya atau jalan yg licin krn salju😛

  2. arif mengatakan:

    nampaknya disini baru masuk pancaroba, sedikit lagi musim hujan beneran😀
    tapi beberapa buah2an telat berbuah, rambutan depan kos belum berbunga, hanya manga di kebun belakang yg mulai berbuah

  3. kangyaannn mengatakan:

    benar pak…. sandy anak saya sekarang filk….

  4. namira anjani mengatakan:

    makasih yach!!! blog ini ngebantu bgt bwat pelajaran school q…………..*^_^*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: