SENSASI DI KEGELAPAN MENYUSUR SUNGAI BAWAH TANAH GUA PINDUL

Gua pindul terletak di daerah Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DIY, obyek wisata alam ini masih tergolong baru dalam hal pengelolaan dan pengenalannya kepada massa. Menyusuri sungai dengan alat pelampung di badan dan donat (ban dalam mobil) rasanya seperti berpetualang di tempat yang asing. Alur gua itu terbagi 3 bagian yaitu zona terang, zona gelap, dan zona gelap abadi. Kedalaman alur itu juga bervariasi ada yang hanya kurang dari 1 meter hingga bagian terdalam 15 meter. Peserta dipandu oleh pemandu yang disediakan oleh pengelola tempat wisata itu. Di situ juga disediakan peralatan untuk keamanan penyusuran terdiri dari sepatu karet, pelampung, dan donat, jika akan menambah dengan warepack juga disediakan dengan menambah ongkos sewa.

Bersiap menelusuri relung gua

Di zona terang kita dapat leluasa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit dari berbagai bentuk dan ukuran tergantung usianya. Stalagtit yang menggantung diatas gua, sedang stalagmite menjulang dari dasar gua. Ada bentuk yang bertemu antara stalagtit dan stalagmite hingga membentuk tiang disebut kolom. Ada stalagtit yang masih hidup (masih bisa bertambah ukurannya), dan ada yang sudah mati. Di zona gelap abadi terdapat stalagtit yang berukuran amat besar hingga hampir menutupi lorong gua, oleh penduduk sekitar disebut soko guru.

Zona gelap abadi

Di langit-langit gua terutama di zona gelap abadi terdapat kelelawar terdiri dari berbagai ukuran besar dan kecil bergelantungan. Menurut penuturan pemandu, dulu sebelum dijadikan obyek wisata banyak juga terdapat sarang lawet di dalam gua ini.

Di area dekat pintu keluar gua, di situ pengunjung bisa mencoba uji nyali dengan melakukan lompat dari tebing gua ke air sungai dalam gua , menikmati aliran adrenalin yang naik ketika tubuh melayang dan menghunjam masuk ke kedalaman air kemudian muncul ke permukaan lagi.

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

6 Responses to SENSASI DI KEGELAPAN MENYUSUR SUNGAI BAWAH TANAH GUA PINDUL

  1. Wong cilik mengatakan:

    Gunung Kidulnya di daerah mana ini pk ?

  2. Ely Meyer mengatakan:

    saya pernah baca postingan ttg goa Pindul, indha sekali ya, jd pengen ke sana juga

  3. padamara88 mengatakan:

    Silakaan berkunjung, dan menikmati cave tubing🙂

  4. pencerah mengatakan:

    pemandangannya betul2 asoy

  5. ndop mengatakan:

    pas masuk ke lorong gelap itu pasti serem, tapi kalau rame2 ya seru pastinya hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: