Dilema Guru di Era Globalisasi

Merebaknya kegalauan para guru utamanya guru angkatan tua atau senior menghadapi UKG menengarai bahwa sertifikasi guru belum mencapai sasaran. Sertifikasi guru ditanggapi sebagai peningkatan kesejahteraan namun tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan diri secara profesional. Mungkin dapat dimaklumi karena di awal era globalisasi ini guru-guru senior berada pada posisi persimpangan jalan antara zaman manual (belum menjamah komputer), dan zaman serba komputer. Guru-guru senior belum mengenal komputer sejak duduk di bangku SD hingga tamat Sekolah Pendidikan Guru. Jika ada yang sudah mengenal komputer mungkin dikarenakan keinginan pribadi untuk belajar dan menggunakan komputer atau tuntutan keadaan yang mengharuskan guru tersebut bisa menggunakan komputer, misalnya guru yang karena tuntutan ekonomi rumah tangganya mengharuskan dia nyambi sebagai penulis.

Menanggapi fenomena tersebut memang diperlukan kearifan dari pelbagai pihak yang berkompeten. Dari para guru seharusnya nglenggana (introspeksi) bahwa kita memang dalam keadaan memerlukan bantuan untuk menghadapi kemajuan jaman ini. Bantuan yang bukan berupa materi tetapi ilmu dan ketrampilan menghadapi tuntutan kebutuhan informasi di era globalisasi. Guru juga jangan bersikap skeptis, seperti katak dalam tempurung yang menganggap dunia hanya sebatas lingkungan sekitarnya saja, bukankah guru juga termasuk agen pembaharuan?. Penulis yang notabene juga seorang guru SD, sungguh merasa beruntung karena ketika teman-teman lain sudah lebih dahulu menikmati tunjangan sertifikasi penulis harus berjuang semalam suntuk menyelesaikan deathline penulisan naskah yang harus segera naik cetak.

Tulisan yang merupakan ungkapan perasaan penulis ini mohon tidak ditanggapi secara emosional oleh rekan-rekan guru, tetapi mohon ditanggapi secara rasional demi perbaikan kita bersama. Perbaikan guru, perbaikan anak didik, perbaikan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Salam.

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

6 Responses to Dilema Guru di Era Globalisasi

  1. marsudiyanto mengatakan:

    Info terbaru…
    UKG gagal dilaksanakan di beberapa tempat karena aksesnya nggak jalan…
    Kasihan guru yang berangkatnya habis sahur demi sampai di lokasi tepat waktu

  2. farizalfa mengatakan:

    saya juga iba melihat guru saya yang sibuk persiapan UKG.. sibuk sekali, padahal ini kan ramadhan.

  3. Applausr mengatakan:

    wah sekarang semua guru disibukan dengan belajar nih… guru harus belajar.. semoga kendala teknis yagn diberikan bisa segera diatasi ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: