BAGAIMANA ORANG TUA MEMBANTU ANAK DI AWAL TAHUN PELAJARAN BARU

Pada hari pertama, ketika seorang anak mulai masuk sekolah, perasaan cemas mulai  muncul juga. Kita ingin agar anak-anak melakukan hal-hal yang terbaik, dari awa lhingga akhir pelajaran di sekolah. Namun problematika tentang perbuatan baik mereka tidak akan berakhir dengan lonceng yang pertama tahun ajaran baru di sekolah. Rumah  merupakan satu bagian yang sangat penting bagi seorang pelajar yang berhasil di sekolah. Ada beberapa cara yang dapat membantu orang tua:

  1. menyadari bahwa kehadiran secara kontinyu adalah penting,. sikap anak tentang sekolah sudah dibentuk sejak dini. Jika kita merupakan penyebab terlambat atau absen di sekolah, anak akan menganggap bahwa sekolah tidaklah penting. Absensi di sekolah membuktikan bahwa pelajar yang jarang masuk cenderung keluar dari sekolah sebelum tamat.
  2. yakinkan sikap anak terhadap kesadaran bersekolah . pada jam tidur segera tidur dan waktu bangun segera sarapan pagi dengan menu yang bergizi.
  3. sediakan waktu dan tempat yang serius untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Waktu yang relaif singkat tiap hari lebih efekltif dari[pada waktuyang lama tetapitidak kontinyu.
  4. biasakan sikap gemar membaca. Sukses di dalam membaca adalah kunci sukses anak di sekolah. Berikan bahan bacaan yang ringan dan lucu untuk anak di rumah.
  5. memberikan dasar norma sejak dini terhadap anak. Baik itu norma sosial , norma agama, norma hukum dan lain sebagainya.

Di atas adalah secuil tips bagi orang tua yang menginginkan kesuksesan untuk anak dalam bersekolah. kiat yang lebih afdol mungkin masih ada dan lebih banyak lagi, namun harapan saya yang sedikit ini cukup berarti. sekian. Terima   kasih.

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

6 Responses to BAGAIMANA ORANG TUA MEMBANTU ANAK DI AWAL TAHUN PELAJARAN BARU

  1. sukajiyah mengatakan:

    salam,
    kebetulan tahun ajaran baru ini anak saya masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Membaca tulisan ini saya menjadi makin mantap mempersiapkannya.
    salam blogging.

  2. SUWARGO mengatakan:

    kasih sayang orang tua sangat diharapkan sang anak setiap waktu, terutama dalam hal pengawasan dan belajar, salam kenal n happy blogging

  3. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    meski tahun ajaran baru masih beberapa bulan lagi, tips ini sangat bermanfaat, khususnya bagi ortu. matur nuwun menggah sedaya sesorahipun. rahayua ingkang sami pinanggih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: