Kajian Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Aspek-aspek bahasa yang tercantum dalam kurikulum KBK SD

1. Menyimak

Keterampilan menyimak melatih berfikir/bernalar siswa sehingga siswa dapat menerima, memahami, mengidentifikasi, dan mereaksi informasi yang diterimanya.

2. Berbicara

Pada masa kanak-kanak kemampuan berbicara berkembang sangat cepat, penambahan kosa kata semakin hari semakin bertambah pula. Untuk itu pada masa kanak-kanakinilah kemampuan berbicara mulai diajarkan. Dalam pembelajaran disekolah kegiatan inidapat diawali dengan berbicara di depan kelas, misalnya memperkenalkan diri, bertanya jawab dengan teman, bercerita tentang pengalaman, menceritakan gambar, dsb.

3. Membaca

Pembelajaran membaca di SD dibagi dalam dua bagian, yaitu:

a.      Membaca permulaan di kelas 1 dan 2

Membaca permulaan bertujuan untuk pengenalan huruf, suku kata, kata,kalimat, dan mampu membaca dalam berbagai konteks.

b.      Membaca lanjutan di kelas 3 ke atas

Membaca di SD dapat dibedakan sebagai berikut :

1)     Membaca teknik

Kegiatan membaca teknik bertujuan untuk melatih menyuarakan lambang-lambang tulisan dengan lafal yang benar ddan intonasi yang wajar.

2)     Membaca dalam hati
Membaca dalam hati mulai diajarkan dikelas 2. Membaca ini perlu segera dilatih setelah siswa mengetahui semua huruf. Bahan bacaan yang diberikan sesuai dengan kemapuan siswa.

3)     Membaca pemahaman
membaca ini mulai diajarkan di kelas 3, yaitu membaca tanpa suara untuk memahami isi bacaan.

4)     Membaca indah
pada dasarnya membaca indah sama dengan membaca teknik tetapi bahan bacaannya berupa puisi atau fiksi. Sehingga membaca indah bersifat apresiatif.

5)     Membaca cepat

Membaca cepat mulai diajarkan di kelas 4.   membaca cepat dengan memberikan teknik  gerakan mata ketika membaca. Dan guru menentukan waktu untuk selesainya membaca sesuai dengan tingkat kesukaran bahan bacaan.

6)     Membaca pustaka
membaca pustaka diajarkan untuk mengembangkan sikap minat baca pada anak. Untuk itu sekolah perlu menyediakan sarana yaitu ruang perpustakaan dan buku-buku yang memadai, baik dalam jumlah maupun penataannya.

7)     Membaca bahasa

Membaca bahasa bertujuan untuk penekannya pada aspek memahami kebahasaan. Antara lain makna penggunaan kata, pemakaian imbuhan, ungkapan, serta kalimat.

4. Menulis
Menulis di SD , baik GBPP 1994 maupun KBK , terdiri dari dua bagian yaitu menulis permulaan dan menulis lanjut (pendalaman).

5. Kebahasaan
Kebahasaan di SD sebenarnya belum diajarkan secara khusus melainkan disisipkan dalam aspek membaca, yaitu pengucapan lafal yang benar, intonasi kalimat dan lain-lain. Juga dalam aspek menulis, yaitu penggunaan imbuhan dalam kalimat, paragraf, penulisan ejaandan sebagainya.

6. Sastra

Pembelajaran sastra di SD penekananya pada Aprsiasi Bahasa dan Sastra Indonesia SD.  Dua pengertian yang tersirat dalam pembelajaran itu adalah (a) Aprsiasi Bahasa indonesia  dan (b) Sastra Indonesia. Kedua kegiatan itu menyatu dalam pembelajaran Aprsiasi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pembelajaran apresiasi sastra dan bahasa ini dilakukan melalui pentahapan :

a.      tahap penikmatan

b.      tahap penghargaan

c.      tahap pemahaman

d.      tahap penghayatan

e.      tahap implementasi

Pengembangan KBK Bahasa Indonesia

Pengembangan KBK ke dalam Silabus Berdasarkan pembelajaran bahasa indonesia di SD.  Silabus berisi komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian kompetensi dasar. Pengembangan silabus dapat dilakukan secara individu oleh guru atau secara kelompok dalam kegiatan KKG.

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

7 Responses to Kajian Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

  1. sawali tuhusetya mengatakan:

    hingga saat ini kekaguman saya pada bapak/ibu guru sd belum juga luntur, pak. jasa mereka tak pernah bisa saya lupakan. saya bisa membaca dan menulis berkat perjuangan dan jasa mereka. kajian yang menarik, pak, semoga bisa menjadi salah satu rujukan rekan2 sejawat.

  2. fajar sadiq mengatakan:

    Iya, menurut saya guru2 kita di SD, yg mengenalkan kita kita pertama sekali abjad dengan sabar, sangat luar biasa. Semoga Allah memberi mereka sebaik2 balasan.

  3. muma 5 mengatakan:

    Salam kenal… moga bisa share info and ide melalui blog kita
    khoiru jaliisin fizzamaani kitaabun
    sebaik – baik teman adalah buku
    anak – anak murid kita harus menguasai kemampuan membaca yang baik

  4. Kafe Buku mengatakan:

    terima kasih informasinya pak, kami juga punya buku ringkas bahasa indonesia utk SD. jika ada yg berminat, silakan kunjungi :
    http://kafebuku.com/buku-ringkas-bahasa-indonesia-sd/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: