MENANGGAPI FENOMENA DITUTUPNYA BANYAK SD NEGERI DI TENGAH KOTA

Setiap tahun selalu tersiar kabar adanya SD negeri di tengah kota yang terpaksa ditutup atau diregroup karena mengalami kekurangan murid. Masalah yang mendasari sebuah sekolah mengalami kekurangan murid memang sangat kompleks. Proses terjadinyapun juga tidak secara mendadak atau dalam waktu singkat tetapi dalam kurun waktu, secara berangsur-angsur minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di suatu sekolah dasar mengalami penurunan. Ironisnya sekolah lain yang juga berada di tengah kota mengalami membludaknya peminat, bahkan sekolah itu terpaksa membuka kelas paralel.
Dari masalah tersebut penulis berasumsi penyebab berkurangnya murid SD di tengah kota antara lain disebabkan oleh:
1. Manajemen sekolah yang kurang baik
Manajemen atau pengelolaan suatu sekolah akan membawa suatu sekolah ke arah kemajuan atau bahkan mengalami kemunduran.tergantung dari unsur-unsur yang mendukung manajemen sekolah, yaitu antara lain kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan masyarakat sekitar. Solidnya unsur-unsur yang mendukung manajemen sekolah akan membawa ke arah kemajuan. Sebaliknya jika salah satu unsur atau lebih dari satu unsur collaps, maka terancamlah sekolah itu dari ”kebangkrutan” murid.
2. Berkurangnya anak-anak usia sekolah dasar di tengah kota
Keluarga baru cenderung mencari pemukiman yang ada di pinggir kota. Hal ini karena keluarga baru biasanya dalam taraf sedang mencari kemapanan ekonomi. Pemukiman di tengah kota, baik membeli sendiri ataupun menyewa biayanya mahal. Biaya hidup di kota juga lebih mahal dari pada Biaya hidup di daerah pinggiran. Oleh karena itu kebanyakan sekolah dasar di pinggiran tidak mengalami masalah dalam memperoleh murid.

foto: SD pinggiran ternyata masih banyak siswanya.

3. Beralihnya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SD swasta
Bermunculannya sekolah swasta unggulan dengan berbagai nuansa, mempengaruhi minat orang tua yang menginginkan anaknya untuk bersekolah di sekolah tersebut. Dengan menyekolahkan anaknya di sekolah swasta unggulan, selain menginginkan kemajuan bagi anaknya juga memperoleh prestise tertentu.

Perihal padamara88
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: