Tumbuhan Hijau

Pembelajaran    :  IPA

Kelas                      :  V SD/MI

Smester                :  1

Standar Kompetensi:

2.    Memahami  cara tumbuhan hijau membuat makanan

Kompetensi Dasar:

2.1   Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau  membuat makanan

2.2   Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan

Indikator:

  1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat  makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
  2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
  3. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
  4. Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.

Ringkasan Materi

A.  Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses memasak makanan sendiri pada tumbuhan hijau. Proses fotosintesis memerlukan bahan yang berupa air dan karbondioksida dengan bantuan sinar matahari. Fotosintesis biasanya terjadi di bagian daun. Namun juga tidak menutup kemungkinan terjadi di bagian lain yang mengandung klorofil. Klorofil adalah zat warna hijau pada tumbuhan. Klorofil berfungsi untuk menyerap energi cahaya matahari.  Fotosintesis memerlukan cahaya matahari, klorofil, air, dan karbon dioksida. Air diserap oleh akar dari dalam tanah. Air dari akar menuju daun. Karbon dioksida diserap dari udara oleh daun melalui mulut daun atau stomata. Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida kemudian diubah menjadi karbohidrat dan oksigen dengan bantuan energi cahaya matahari. Apabila energi cahaya matahari tidak ada, energi cahaya yang lain dapat menggantikannya. Misalnya cahaya lampu neon. Oleh karena itu, fotosintesis dapat terjadi pada siang maupun malam hari. Reaksi fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut. Cahaya + Air + Karbon dioksida    =  Karbohidrat + Oksigen (H2O) (CO2) Klorofil (C6H12O6)(O2 )

Dari reaksi fotosintesis di atas, dapat diketahui bahwa proses tersebut menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Daun yang mengandung karbohidrat ini jika ditetesi larutan lugol atau yodium akan berubah warna menjadi ungu gelap. Sebagian gas oksigen hasil fotosintesis digunakan untuk pernapasan tumbuhan. Sisanya dibebaskan ke udara. Oksigen tersebut digunakan oleh makhluk hidup lainnya untuk bernapas. Sedangkan kelebihan karbohidrat disimpan sebagai makanan cadangan. Tempat penyimpanan makanan cadangan setiap tumbuhan berbeda-beda.

Tempat penyimpanan itu misalnya pada akar, buah, biji atau batang.

B.  Ketergantungan Manusia dan Hewan terhadap Tumbuhan Hijau

Telah dijelaskan dalam materi sebelumnya bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Selain digunakan oleh tumbuhan, sebagian oksigen dilepaskan ke udara di lingkungan sekitarnya. Oksigen dihirup oleh manusia dan hewan pada saat bernapas. Tanpa tumbuhan hijau, oksigen lama-kelamaan akan habis jika digunakan terus oleh manusia dan hewan. Namun, tumbuhan selalu menyediakan oksigen di alam. Jadi, manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau agar oksigen tetap tersedia di alam. Tumbuhan hijau juga merupakan sumber energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan kita berasal dari tumbuhan. Demikian pula hewan memperoleh sumber energi dari tumbuhan hijau. Hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) bergantung secara langsung kepada tumbuhan. Apabila tidak ada tumbuhan, jenis-jenis hewan tersebut akan mati kelaparan. Akibatnya, jumlah jenis-jenis hewan herbivora akan semakin berkurang. Peristiwa ini akan menyebabkan hewan-hewan karnivora (hewan pemakan daging) menjadi kekurangan bahan makanan. Jadi, hewan-hewan karnivora secara tidak langsung juga

bergantung kepada tumbuhan. Demikian juga untuk makhluk hidup golongan omnivora (pemakan tumbuhan dan hewan lain). Mereka dapat bergantung secara langsung maupun tidak langsung terhadap tumbuhan hijau.

Selain sebagai sumber energi, manusia memanfaatkan tumbuhan untuk berbagai keperluan berikut.

1. Bahan sandang, contohnya serat tanaman kapas.

2. Bahan obat-obatan, contohnya kencur, temulawak, dan kunyit.

3. Bahan peralatan rumah tangga, contohnya kayu dan bambu.

4. Bahan penyedap rasa, contohnya pala, merica, dan cengkeh

Jadi, manusia tidak hanya membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan tetapi juga tergantung pada tumbuhan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, manusia wajib menjaga kelestarian tumbuhan. Dengan demikian, kehidupan semua makhluk hidup juga tetap terjaga.

6 Responses to Tumbuhan Hijau

  1. penerapan metode pemecahan masalah sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ipa pada materi tumbuhan hijau.

  2. William cristopher handry mengatakan:

    Adakah sumber energi lain bagi tumbuhan

  3. ronadewi68 mengatakan:

    terima kasih atas artikelnya,,

  4. milton mengatakan:

    bagaimana sih proses foto sintesis yang lengkap dong gik mana sih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 204 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: