Tanya Jawab tentang Karakteristik Karya Ilmiah

Tulisan ini sekedar merefresh ingatan saya semasa kuliah di UT dulu, barangkali juga bermanfaat bagi rekan-rekan yang masih kuliah.                                                                                                          

1.       Bagaimana  cara mengenal karakteristik karya ilmiah?

Jawab : cara mengenal karakteristik karya ilmiah dengan didasari beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain :

a.        struktur penyajian,

b.       komponen dan substansi karya ilmiah,

c.        sikap penulis,dan

d.       bahasa

Karya ilmiah dapat dikenali dengan struktur penyajian yang terdiri dari bagian pembukaan,   pokok pembahasan/isi, dan penutup. Dalam struktur sajian karya ilmiah terdapat beberapa komponen antara lain daftar pustaka/daftar rujukan, abstrak (saripati tulisan), daftar gambar, tabel, dan ucapan terima kasih. Substansi karya ilmiah dapat mencakup segala bidang, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Oleh karenanya karya ilmiah dikelompokkan sesuai dengan disiplin ilmu. Karya ilmiah selalu didasari oleh fakta dan data, sehingga karya ilmiah bersifat obyektif. Dengan didukung argumentasi yang disajikan dengan berbagai teori yang telah teruji kebenarannya atau pengalaman empiris yang telah diakui kalangan luas. Penggunaan bahasa dalam karya ilmiah yaitu bahasa tulis baku.

2.       Bandingkan sebuah artikel dari koran dan sebuah artikel dari jurnal ilmiah.Apa yang dapat di pelajari dari perbandingan tersebut?

Jawab : artikel dari koran tidak terstruktur seperti artikel dari jurnal ilmiah. Substansi dari artikel koran bersifat subyektif sedangkan artikel pada jurnal bersifat obyektif dengan didukung data dan fakta yang akurat. Dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa artikel koran bukan termasuk karya ilmiah sedangkan artikel pada jurnal termasuk karya ilmiah.

3.       Sebutkan aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik sebuah karya ilmiah dan berikan penjelasan singkat untuk sebuah aspek. Dari uraian tersebut cobalah simpulkan karakteristik karya ilmiah!

Jawab : aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik sebuah karya ilmiah adalah meliputi struktur penyajian, komponen dan substansi karya ilmiah, sikap penulis, dan bahasa.

Komponen Dan Substansi Karya Ilmiah

a.      Komponen Karya Ilmiah

Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah memuat pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Sebuah karya ilmiah jika berupa makalah, paling tidak harus memuat daftar pustaka atau daftar rujukan yang digunakan oleh penulis dalam mengungkapkan suatu masalah dan dalam memberikan argumentasi. Karya ilmiah yang berupa artikel ilmiah harus terdapat komponen abstrak. Karya ilmiah berupa laporan penelitian harus mencamtumkan lampiran untuk mendukung laporan tersebut. Karya ilmiah berupa skripsi, tesis, dan disertasi dilengkapi dengan komponen abstrak, daftar gambar dan tabel, ucapan terima kasih (kata pengantar), daftar pustaka dan lampiran.

b.      Substansi Karya Ilmiah

Substansi karya ilmiah mencakup bidang dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks. Oleh karena bidangnya yang terlalu luas, karya ilmiah dikelompokkan sesuai disiplin ilmu.  Menurut substansinya karya ilmiah dapat dikelompokkan ke dalam ilmu-ilmu sosial, eksakta (Matematika dan IPA), dan seni.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa karakteristik sebuah karya ilmiah adalah bersifat sistematis, mengupas masalah dari hal terkecil hingga yang kompleks secara rinci dan didukung dengan fakta dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

4.       Secara umum struktur sajian sebuah karya ilmiah terdiri dari bagian awal, bagian inti, dan bagian penutup. Cobalah sebutkan diskripsi masing-masing bagian dan apa bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?

Jawab :     Struktur sajian karya ilmiah

a.       Bagian awal

Bagian awal atau pendahuluan sebuah karya ilmiah merupakan pengantar untuk menuju ke bab inti. Pada umumnya berisi tentang latar belakang masalah, indentifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan pemaparan, dan manfaat dari kegiatan.

b.      Bagian inti

Bagian inti merupakan gagasan pokok yang ingin disampaikan penulis, yang terdiri dari beberapa bab atau sub topik.

c.       Bagian penutup

Bagian penutup merupakan simpulan pokok pembahasan dan rekomendasi penulis terhadap tindak lanjut gagasan tersebut.

Dengan memperhatikan struktur sajian karya ilmiah seperti tersebut di atas, dapat dibedakan antara struktur sajian karya ilmiah dan struktur sajian karya non ilmiah sebagai berikut : sebuah karya ilmiah mempunyai struktur sajian yang sangat ketat, sedangkan karya non ilmiah tidak. Karya ilmiah menyajikan tulisan yang dari awal hingga akhir penulisan selalu terdapat kesinambungan sedangkan karya non ilmiah sering tidak ada kesinambungan.

 

5.       Bagaimana cara membedakan bahasa karya ilmiah dengan bahasa karya non ilmiah?

Jawab :     Bahasa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah dengan bahasa karya non ilmiah dapat dibedakan sebagai berikut :

a.       Bahasa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah adalah bahasa baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, sedang pada penulisan karya non ilmiah sering menggunakan bahasa yang tidak baku ( mis: bahasa gaul, bahasa slenk, dsb).

b.      Memperhatikan nilai rasa. Dapat membedakan penggunaan kata sesuai peruntukannya, misalnya kata kamu, anda, beliau, mohon, minta, dan sebagainya.

c.       Mampu membedakan arti umum dan arti khusus.

d.      Menggunakan bahasa secara efektif dan efisien. Efektif dikandung maksud mempunyai susunan kalimat lengkap mengikuti aturan tata bahasa, bernalar. Efisien yaitu mengunakan kata secara hemat (tidak bertele-tele).

About these ads

Perihal bambang sugiatno
Berusaha hidup dengan mensyukuri semua karunia Nya

5 Responses to Tanya Jawab tentang Karakteristik Karya Ilmiah

  1. makasih pak…, tulisan bapak membantu saya dalam mengerjakan tugas. hehehe. kalau ada waktu jangan lupa mampir keblog saya yach pak. :)

  2. marsudiyanto mengatakan:

    Nderek sinau Pak… :D

  3. sawali tuhusetya mengatakan:

    wah, tulisan yang mencerahkan, pak. perlu saya copas nih. memang perlu terus belajar, pak, agar bisa menulis karya ilmiah sesuai dg karakternya yang khas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 174 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: